Wednesday, February 08, 2006

spaghetti ala tuti

ah. kadang2 gue pengen ganti nama blog ini.
gak totally ganti sih.

namanya kan kentutijo. tulung jangan dibaca kentut-ijo. sangat tidak cuocok untuk menyebut makanan, hehehe.
bagaimana kalau dibaca ken-tuti-jo?
jadi tetap cocok dengan nama si ken. dan gue jadi tuti! setoejoe? :p
(si hikaru jadi jo hehehe..)

jadi tuti bikin spaghetti nih ceritanya. dengan bumbu2 dasar.
1). saos tomat
2). garam
3). lada (merica) bubuk


ini rasanya dasar banget. basic gitu deh. sangat indonesia. seperti bikinan gue jaman baru belajar masak. hahaha.

tapi gue suka menambah 2 bahan ekstra. lada saja kurang pedas. gue tambahlah dengan:

4). kecap manis
kebetulan sih adanya abc. tapi gue lebih suka bango. lebih manis. kalau abc terasa asinnya. sedikit rasa manis itu perlu. dan kecap melakukannya dengan baik, karena warnanya gelap! bisa bikin warna saos jadi lebih gelap (karena gue nggak mau kebanyakan saos tomat, jadi kurang merah --> baguslah ada warna penggelap).

5). sambal!
kebetulan ada sambal terasi kokita. dulu gue pernah pakai sambal bajak kokita. lebih enak rasa sambal bajak sih sebetulnya..



gue tidak pakai oregano atau basil. no italian taste at all.

tapi gue merasa masih ada yang kurang! apakah gerangan? rasa2 yg asin2 sedikit asam. ya, rasa asam yg acidic, bukan sour. sour adalah rasa si saos tomat.

gue sangat yakin, jawabannya adalah:
6). keju!


gue pakai ini keju masak. hoehehehe (whoaa 80% lemak!). baru kali ini gue beli keju masak. iseng2 aja sih. sebetulnya rasanya gak enak. gak gurih. tapi entah kenapa, bisa memberikan rasa tambahan pada bumbu spaghetti gue.

sekian soal bumbu!

untuk bahan2 pelengkap, gue masukkan:
7). jamur (mushroom)
8). brokoli dipotong kecil2 (enak deh! kremus2 gitu. jangan terlalu lama memasaknya supaya tidak layu)
9). tentu saja bawang bombay yang banyak!
ini untuk menambah kekayaan (richness) saosnya.
10). tepung maizena, untuk menambah kekentalan saosnya.

jadi deh saosnya.


jadi deh spaghetti gue. anak2 gue suka!