Monday, September 06, 2004

gwibin dolsotbap

gwibin = nama restoran. dolsotbap: dolsot = mangkok batu, bap = nasi.

ceritanya anak2 indonesia di kota gue dapat rejeki buat makan2. akhirnya kita memutuskan ke gwibin. di situ enak. padahal restoran dolsotbap di mana2 mirip2 aja, yaitu nasi di mangkok panas, dengan lauk pauk yg banyak di piring2 kecil. pokoknya mejanya penuh deh. seperti gambar di bawah ini. ke mana nasinya?. sebentar, kita lihat isi piring2 kecil itu. ya isinya kebanyakan sayuran, ada sayur toge, sayur daun2 hijau yg segitu banyaknya macamnya. ada salad ala barat (pakai mayonaise). ada timun mentah. ada acar2an. ada setup lobak putih yg rasanya aneh. juga ada sayur dicampur jamur. di tengah2 ada daging tipis (daging sapi) yg dimasak di atas hotplate, alias bulgogi. bul = api, gogi = daging. ada juga piring yang berisi potongan2 telur dadar. ada telur mentah pula!



ada mangkuk sup 2 biji, yg pertama sup pembuka, yaitu sup yg rasanya lembut. yg kedua adalah sup teman makan nasi, rasanya mirip sayur asem/lodeh. sup teman makan nasi belum terlihat di gambar atas, karena dikeluarkan bersamaan dengan nasi. waktu dulu gue ke sini, sup lembutnya warnanya kuning (pumpkin soup), nah sekarang ini warnanya kehitaman, kali semacam blackbean soup (sup kedelai hitam). fotonya ada di bawah ini. lalu foto sebelahnya apa? tentu saja kimchi. mau tahu kimchi yg enak seperti apa tampangnya? itu tuh yg tampangnya putih dan kontrasnya antara kimchi dan cabenya jelas. masih fresh. belum ada "pembusukan" alias daunnya belum layu dan rasanya belum keluar asam2 cukanya.



akhirnya.. nasinya datang juga! karena ada di mangkok panas dari batu (berat euy), maka ada kayu yg mengelilingi mangkok itu. itu ada titik2 berwarna warni di nasi, apa hayo? itu kacang2an. semacam melinjo dan sebangsanya. kalau nggak salah kacang ginkgo. nah, mumpung masih panas, cepat2 masukkan telur mentah ke situ, maka telur akan masak karena saking panasnya si mangkok batu. aduk2 dengan nasinya, maka tampangnya akan seperti telur orak-arik.



setelah diaduk-aduk, maka telur masak dan jangan lupa mencukil2 bagian bawah mangkok agar nasi tidak terlalu lengket dengan mangkok. yang terjadi hanyalah kerak2 nasi berwarna kecoklatan, seperti gambar di bawah ini. asyik juga buat sedikit rasa kriuk. lalu masukkan sayur2an yg disuka, dari piring2 kecil itu. setelah sayur2 itu diaduk, lebih enak kalau ditambahkan red pepper paste atau gochujang, alias saos warna merah yang kalau dicampur sayur kok rasanya mirip nasi pecel. gambarnya juga ada di bawah.



so, bagaimana hasil akhirnya? tadaaa! beginilah dolsotbap kita. nyam! siap disantap.



mau gambar tampang2 orang yg kekenyangan? ah gak usah deh. gambar botol soju yg kosong? ah gak usah deh (tenang2, botol itu cuma disantap oleh 2 peminum dan 1 pendatang baru di korea. bukan gue lho.. hihi..).