Friday, February 20, 2004

han-guk eumsik 1: ramyon








ramyon sebetulnya adalah mie rebus biasa. kalau mampir ke warung eh tempat2 makan kecil2an, biasanya jualan ramyon. tempat makan kecil2an gitu biasanya pasang judul "kimbap". bisa "kimbap chonguk" (surga kimbap) atau "kimbap nara" (negri kimbap) atau "kimbap sesang" (dunia kimbap), dll dsb.

ramyon ini gue gak tau apakah dibikin pakai mie instant atau nggak. tapi tampangnya mirip banget mie instant. bedanya ada bumbu2nya tambahan semacam bawang. yang standard, isinya sedikit sayur2an, potongan2 jamur, dan telur yg dicampur di situ.

penyajian di tempat makan kimbap biasanya termasuk kimchi dan semacam acar lobak berwarna kuning. kimchi-nya buat nambah pedas2, dan acar lobak untuk nambah sedikit asam, manis dan segar.

cara makannya? tentu dengan sendok dan sumpit. sendok untuk kuahnya, sumpit untuk ambil mie, kimchi dan acar lobak.

harga? cukup 1800 sampai 2000 won saja.. kocek standard anak kost.. tapi kalau dikali 7,5 rupiah jadi berapa tuh ;)

gue pertama nulis tentang ramyon, karena ini standard makanan anak kost hihihi.. kalau yang instant bisa beli di toko (harga 700-1000 won) dan seduh air panas.. nyam.. dan ada temen gue yang kecanduan abis sama ramyon. tiap malam, pulang dari kampus jam 12 atau jam 1 malem selalu kelaparan, jadi mampir ke kimbap nara yg buka 24jam di deket kampus dia. kalau lagi laper banget, tentunya ramyon plus kimbap. yg bikin gue heran, tu anak gak bosen2 ya tiap hari makan ramyon.. ;)

tulisan tentang kimbap menyusul yaa..