Friday, July 02, 2004

PLAIN!!! (prequel dari Tepung is my friend)


Suatu pagi saya bangun, dan merasa bosan sekali. Biasanya kalau saya merasa bosan, akan timbul keisengan, muncul ide2 baru yang perlu disalurkan. Tapi pagi itu terasa sangat hambar. Ingin iseng.... tapi males rasanya.
Lalu saya makan pagi dengan bubur ayam, yang rasanya seperti...bubur ayam. Sebelum menelan suapan pertama,
saya menambahkan kecap inggris dan bumbu cajun (dan berharap rasanya enak, dan bisa mencerahkan hari saya).
Dan masuklah suapan pertama kedalam mulut saya....

OH MY GOD!!!

It sucks!!


Saya hampir tak percaya, itu adalah makan pagi paling buruk yang pernah saya
rasakan. Dan bukan hanya itu saja, seharian penuh saya terkena "Cook's & Writer's block", benar2 tidak ada ide yang
muncul untuk melakukan apapun! (jangankan ide baru, untuk melakukan sesuatu saja rasanya tidak ada gairah).
Akhirnya selama seharian itu saya hanya nonton TV dan tidur.Sebelum tidur, saya berpikir, kenapa setiap pagi saya selalu makan sesuatu
yang..'plain'. Sesuatu yang semua
orang sudah tau pasti rasanya seperti itu. Rasa yang bisa ditebak. sama sekali
tidak ada surprise.


'Plain', hmmmmm... mengingatkan saya pada masa saya kuliah. Kalau saya tidak
salah waktu itu minggu ujian,
saya, Manoel dan Adrianne makan di sebuah warung. Saya dan Manoel makan: telur
dadar, nasi putih dan kuah sayur.
atau... nasi, tahu, dan tempe serta kuah sayur? Ah, saya lupa, tapi cuma antara
2 menu itu saja yang saya & Manoel
pilih setiap hari. Dan untuk minumnya biasanya es teh manis atau air putih.
Ketika saya melihat menu yang dipilih
Adrianne, hmm... makanan bersantan, lauknya... well, sebenernya sih saya tidak
begitu memperhatikan, tapi yang
pasti sangat bervariasi baik dalam bentuk maupun rasa. Itu belum seberapa,
sampai Adrianne memesan minuman, yaitu
segelas besar kopi susu!

Adrianne melihat makanan yang kami pilih....
"Makanan kalian is so......plain.",katanya.
(Andaikan anda ada disana, mungkin anda akan sebengong Adrianne melihat saya dan
Manoel makan tanpa perasaan,
sangat cepat, tanpa berpikir..well kami mikir sih, yang kami pikirkan adalah
makanan murah,bergizi dan sangat familiar
rasanya.)


Saat itu juga kami terdiam saling berpandangan. Kami berdua melihat isi piring
kami masing2.
Dan saya pun berpikir dalam hati, plain huh?... it is plain.
Anda jangan berpikir bahwa plain disini berarti sesuatu yang hambar, seperti
nasi putih, roti tawar, dsb dsb.
Tapi, apapun bisa menjadi plain. Ambil saja kasus, anda suka steak? atau pizza?
atau gado2? atau apalah, ambil saja
nama sebuah masakan yang sangat anda sukai dan anda rindukan untuk memakannya.
Oke, kita namakan saja masakan itu: "X".
Anda sangat menyukai X, jika makan X, anda akan berusaha memakannya bulat2 tanpa
mengunyahnya, atau bisa juga anda
mengunyahnya perlahan lahan, menghisap sarinya pelan2, menikmatinya hingga
tinggal ampas (mungkin bahkan ampas-nya
pun anda telan), bahkan mungkin anda akan berpikir, bahwa anda belum kenyang
bila belum makan X.
Coba anda bayangkan, jika tiap hari anda HANYA makan X.
makan pagi: X

brunch: X

makan siang: X

snack: X

makan malam : X

supper: X

Suatu saat nanti, tanpa disadari, anda tidak merasakan keistimewaan dari X.
Nah...itulah saat X menjadi plain.
Ketika anda mencapai posisi tersebut, anda akan ingin merasakan sesuatu yang
lain, yang lebih baik menurut anda
(tapi mungkin rasanya tidak istimewa bagi orang lain). Nilai X menurun di dalam
diri anda. Anda ingin merasakan
sesuatu yang berbeda. Anda mungkin merasa muak, adrenalin meningkat cuma gara2
ingin merasakan sesuatu yang berbeda.
Cuma? huh, think again. Mungkin cuma gara2 itu saja, hari anda bisa rusak.
Manusia selalu lapar, selalu tidak puas, dan selalu ingin mencapai titik
kepuasan (lha? ya memang begitu).
Makan pagi yang plain, Itulah yang saya lakukan untuk men-trigger kreativitas
saya.
(walaupun, kadang kreativitas saya justru dapat membuat hari saya menjadi buruk,
seperti kasus bubur ayam di atas)
Lalu, apa yang perlu anda lakukan?
jangan diam saja, be creative!
merasa hambar? Enhance the flavor!
merasa bosan? cari kegiatan!
semua orang setuju kepada sebuah ide? cari alasan untuk bilang: tidak setuju!
mungkin anda akan di cap sebagai orang paling menyebalkan.
tapi mungkin juga anda akan di cap sebagai orang yang kreatif.
bagaimanapun juga, anda tidak akan dilupakan.


PS: Tulisan saya tidak menarik ya? namanya jg lagi kena "Cook's & Writer's
block" :)