Friday, October 01, 2004

dua party sebelum chuseok (1)

chuseok itu thanksgiving.

keterangannya ada di bawah ini:


itu tulisan di chuseok party for international students di kampus gue. jadi ada sedikit cerita mengenai chuseok dari staf-nya international office. party-nya ngapain? yaa.. kenal2an. new comers yg baru masuk semester ini disuruh memperkenalkan diri.


selanjutnya yaaa.. acaranya makan2!. dan makanan khas waktu chuseok adalah songpyeong yg biasanya warnanya ijo dan putih. songpyeong ini dibuat dari tepung beras, diuleni sampai tidak kalis lalu dibulet2in dan diisi wijen yg udah dicampur gula pasir warna coklat. setelah itu dikukus dan rasanya seperti makan kuehku isi kacang ijo itu lho.. tapi isinya bukan kacang ijo :D.


makanan khas lainnya di chuseok ya tteok atau ddeok (tauk deh spellingnya. yg jelas ngomongnya "t" jelas seperti "tobh banget!"). ttok ini macem2. ada yg diliputi jelly dari ketan, rasanya manis tentunya. ada juga yg dibikin berwarna-warni menarik mata. bikin laper mata! tapi ya rasanya standard. manis. paling2 isinya beda2. tapi biasanya isinya kalau nggak wijen manis ya kacang merah tumbuk yg udah dicampur gula (manis juga). mereka lebih suka pakai kacang merah (red kidney bean) dibanding kacang ijo. semuanya serba beras (kenyal dikunyah) dan manis. bagus untuk nambah2 kalori. tidak bagus utk yg sedang diet, hehehe..


makanan lain di pesta itu ya standard makanan2 korea. ada kimbap tuh. kimbap nggak laku di party ini karena itu standard makanan mahasiswa hihihi.. biasa didapat di warung tiap hari. ada juga gorengan sayur dan seafood seperti yg pernah gue cerita di artikel ini.


party ini berlangsung dari jam 18.30 sampai 21.30. dari jam 18.30 sampai 19.00 acaranya cerita chuseok dan kenal2an. trus jam 19.00 - 20.00 dinner. habis itu sih acaranya dance & games. tapi gue gak ikutan. ada lab meeting bow! begitulah nasib anak yg ngendon di lab professor yg terlalu rajin. sebelum liburan chuseok, dia bela2in urusin semuanya sampai beres. kejar setoran! hehe.. gpp sih gak ikut dance & games. yg penting dah makan & dah kenal2an sama anak2 baru.. ;)