Friday, April 09, 2004

han-guk eumsik 2: kimbap

kimbap adalah makanan nasi gulung daun. beberapa orang indonesia menyebutnya lemper ala korea. nasinya (bhs korea: "bap") digulung, dibungkus daun rumput laut kering (bhs korea: "kim", bhs jepang: "nori"). isi kimbap macam-macam. isi yang standar adalah acar lobak warna kuning ("danmuji"), lonjoran kepiting olahan, serpihan wortel panjang-panjang, 1-2 lembar daun sigeumchi, dan lonjoran ham. buat yg terakhir ini, gue heran kenapa orang korea segitu sukanya sama ham. di mana-mana pakai ham. gue kalau beli salad aja sampai harus teliti jangan sampai pakai ham.. dan tentunya kalau beli kimbap pasti harus ngurangin standar, minta gak pakai ham..

karena kimbap bisa kurus maupun gemuk, maka isi standar kimbap juga bisa berubah. isi standar yang sudah disebut adalah untuk kimbap kurus yang harganya bisa cuma 1200 won saja. sedangkan isi kimbap standar di kios-kios semacam "kimbap chon-guk" (lihat artikel "han-guk eumsik 1" di archives februari 2004) standarnya lebih tinggi dari standar kampus. harga kimbap standar kios antara 1500-1800 won. ada yg diisi lonjoran tipis telur dadar (dengan penampang bujur sangkar), atau juga serpihan acar umbi-umbian (entah apa, yg pasti bukan jahe ala jepang, juga bukan ginseng). perbedaan isi standar kimbap inilah yg membuat kimbap beda-beda kurus gemuknya, dan tentunya juga harga.

kimbap nggak standar adalah kimbap dengan nama tambahan. kimbap beginian harganya antara 2000-2500 won. misalnya chamchi kimbap (kimbap tuna, my favourite), chije kimbap alias cheese kimbap (sometimes my favourite, too), sogogi kimbap (isi daging sapi), chikin kimbap (isi ayam), yachae kimbap (isi sayur aja), kimchi kimbap (isi kimchiii), atau juga yg lucu adalah nudeu kimbap. nudeu kimbap ini gulungan kim-nya nggak di luar, tapi di dalam. gue nggak tau gimana ya bikinnya. jadi kayak kebalik gitu.. nasinya yg di luar. makanya dibilang nudeu alias nude karena kayak telanjang nggak pakai baju kim :D... trus yg gue heran, mo gimana isinya, itu ham tetep ada! jadi, saking seringnya ham dimasak di mana-mana, orang korea sampai gak menganggap ham itu daging. gue misalnya bilang vegetarian pun masih dikasih ham. harus bener-bener bilang "hem ppe juseyo" ("hem" itu transliterasi "ham" dari bhs inggris..).

ada yg terlupa tentang kimbap? oya! penyajiannya. setelah kimbap digulung, lalu biasanya bagian luarnya diolesi minyak pakai kuas. biar nggak lengket kim-nya kali. trus baru deh dipotong-potong. kalau beli pojang (takeaway) sih biasanya dibungkus aluminium foil, dan dikasih sumpit. kalau makan di situ biasanya disajikan di atas piring ceper atau baki kecil seperti di gambar. aseli gue rada bingung makan kimbap pakai sumpit. bukannya enakan dimakan gitu aja seperti makan biskuit? nevermind, biasanya sumpitnya gue simpan, dan gue pakai makan mie instant kalau waktu belinya lupa minta sumpit sama kasir toko hehehe..

ada yang bilang kalau kimbap itu adalah sushi ala korea. betul sekali! di jepang, sushi bentuknya persis banget seperti kimbap, tapi isinya ikan mentah dan telur atau sayuran. ada juga sih toko sushi yg jualan sushi berisi ikan matang (tuna). beberapa kios kimbap ada juga yang jualan sushi, bahkan sampai jenis sushi yg model ikan ditempel di atas nasi.


"anatomi"nya kimbap.. ;) & nudeu kimbap

sekian dulu cerita kimbap. gambar di atas adalah contoh kimbap kelas gemuk, mahal bok.. itu chicken kimbap seharga 2500 won..
(image courtesy of www.jongrokimbap.co.kr, edited by me)