Thursday, April 22, 2004

white day @ myeongdong

white day itu apa? white day itu tanggal 14 maret! bukan 14 februari. ini budaya jepang dan korea saja. jadi, kalau tanggal 14 februari cewek2 biasanya ngasih coklat ke cowok, maka pada tanggal 14 maret, alias sebulan kemudian, cowok2 balas kasih ke cewek. biasanya sih dikasihnya bunga atau boneka. tapi lucunya, gue lihat ada tuh keranjang2 imut isi barang imut (entah bunga atau boneka) untuk dikasih ke cewek. menjelang white day, banyak banget yang jualan. termasuk yang gue lihat di myeongdong tepat pada hari white day. sepertinya barang2 imut itu ada juga yang isinya cuma bunga kecil2 atau permen coklat kecil2 (gambar 1 & 2).

(1) (2)

hari minggu tanggal 14 maret itu memang gue pergi ke seoul karena mau ambil titipan dan nganter si ato ke kbri. karena pagi2 aja udah beres semua, siangnya gue janjian sama anak2 indon ketemuan di myeongdong. myeongdong itu sebuah daerah di seoul, tempat jalan anak muda. cukup rame karena isinya fashion shops, restoran2 mulai dari restoran korea sampai fastfood2 ala bule (gambar 3). isinya jalan2 sempit yang cuma boleh dilewati manusia aja. kalau ada mobil paling2 yang ngedrop barang2 di toko2 atau restoran2.

(3) (4)

gue aseli bengong aja berdua sama si ato ngelihat anak2 muda berbaju keren2 termasuk di antaranya para pasangan. pasangan2 itu biasanya yang cewek bawa tas besar (isi hadiah white day tentunya) ;). sementara gue bawa barang titipan dari ortu gue yg gue ambil dari tetangga ortu yg lagi sekolah di seoul. di ransel. berhubung berat, sebagian (yg lebih berat tentunya) gue titip di ransel si ato. huehuehue. trus gue iseng2 motret mbak2 spg (sales promotion girl) yang lagi break mau makan siang (gambar 4). kali si imel gondrong kribo itu suka foto ini. dia minta gue foto2in fashion di seoul. bwahaha!

karena gue udah laper juga (anak2 yg janjian sama gue ternyata abis pada begadang malemnya, jadi baru pada bangun dan lagi mandi, blon naik subwaynya! :p), akhirnya gue mampir ke tukang jualan di pinggir jalan. gue iseng beli kriuk2 dari bahan ikan. si bapak itu jualan macem2 sih, mulai dari jagung bakar sampai ikan2 kering (gambar 5). gue males banget mau beli jagung bakarnya. nggak ada selera, soalnya gue lihat nggak dibumbuin macem2 kayak jagung bakar ala indonesia.

(5) (6)

di dekat mcdonald, gue lihat ada kehebohan. apa pula nih? ternyata ada bule2 entah dari mana lagi bikin orkestra jalanan, semacam dixie music gitu. tapi mereka pas bubaran mau makan siang. yaah, nggak sempat motret, deh. yg gue sempat motret adalah bule2 lain yang jualan bunga tulip baik dalam pot besar maupun kecil. pembelinya banyak banget, dan yang cuma ngelihatin aja juga banyak. soalnya mereka pakai baju joker sih, jadi menarik (gambar 6). udah gitu, bunga tulipnya colourful gitu, eye catching. maklum awal musim semi, jadi lagi banyak bunga.

karena anak2 itu nggak datang2, akhirnya kami nongkrong di mcdonald (atau mekdonaldeu) yg terlihat di gambar 3 di atas bagian sebelah kanan. gue minum aja, karena memang janjian sama mereka mau makan siang bareng. akhirnyaaa, jam 1 lebih baru mereka nongol. udah lapar banget! eh, si prince charming (charming ini pengakuan dia yaa, bukan pengakuan gue) ngasih gue coklat. "happy white day", kata dia. gue bengong tapi terkekeh2. trus kita jalan cari restoran yg enak. di tengah jalan kita lihat stand-nya mbak2 spg tadi udah buka lagi. mendekatlah kami dengan manis2, dan masing2 kami (8 orang) dapat 1 kaleng minuman amino (amino dari protein itu lho).

setelah makan siang dan ngobrol2, sore itu gue & ato pulang ke daejeon. capek. soalnya kami nekad naik kereta, dan minggu sore gitu tiket duduk udah habis, akhirnya kami berdiri 2 jam sampai daejeon. huks huks!