Tuesday, April 13, 2004

Pasar Ikan Higienis

Pada suka makan ikan? ada pasar ikan baru yang diresmikan Presiden Megawati hari Minggu , 4/4/2004 lalu. Namanya Pasar ikan Higienis, letaknya di daerah Pejompongan, Bendungan Hilir. Gua gak sengaja lewat, trus liat ada rame-rame gua poto aja (gambar 1). Trus Selasa malam tgl 6/4/2004 lalu, gak sengaja juga lewat, gua memutuskan untuk melihat-lihat. So ini yang gua liat di sana.

(1)peresmian(2)gedung

Tempatnya luas, tapi terasa sepi karena pengunjung hanya sedikit. Apakah karena hari sudah malam? Apakah karena belum ada pengunjungnya? Atau apakah ada alasan lainnya? Gak tau deh, yang pasti tempatnya bersih, dan pasti bau amis. Pegawainya cukup banyak juga. Begitu masuk ke gedungnya, gua menemukan tempat penitipan barang (gambar 6). Petugasnya cukup cantik ;) ato karena di sekelilingnya co semua? Masuk ke pasar ikan tersebut serasa masuk ke swalayan. Lampunya terang, ber AC, bersih, dan online 24 jam.

(3)ikan hidup(4)ikan segar
(5)pasar ikan

Pasar ikan ini dibagi atas 6 kawasan, yaitu kawasan ikan hidup air laut, ikan hidup air tawar, ikan segar air laut, ikan segar air tawar, ikan beku, dan kawasan ikan olahan. Di kawasan ikan olahan terdapat ikan-ikan yang sudah dikalengkan dan siap dimasak. tidak semua rak terisi penuh, mungkin sekarang sudah. Oh iya, ada jual minuman kaleng juga di bagian itu. Di kawasan ikan hidup air laut dan air tawar terdapat banyak akuarium (gambar 3). Kalo mo beli ntar ikannya diplastikin trus ditimbang, trus ntar keliatan deh harganya. Well gua gak tau apakah ntar bawa pulangnya dalam keadaan hidup ato mati. Di kawasan ikan segar air tawar dan air laut (gambar 4) terdapat ikan2 yang sudah mati tapi masih segar yang diletakkan bersama es batu. Disediain keran untuk cuci tangan juga loh. Jadi selesai ngubek-ngubek ikannya bisa langsung cuci tangan. Kalo di kawasan ikan beku, ya isinya ikan2 yang dibekukan. Cara pembelian sama aja seperti di swalayan seperti carefour ato superindo ato hero. Pilih sepuasnya bayarnya ntar di kasir. Gua lupa ada berapa banyak kasirnya, kalo gak salah sih 3.

(6)pasar ikan lantai 1(7)pasar ikan lantai 2
(8)pasar ikan lantai 3

Di lantai 2 gedung pasar ikan ini terdapat buffet (all you can eat) yang katanya buka 24 jam (gambar 7). Per orang dikenakan biaya Rp 50K. Makanannya sih ikan semua. Di lantai 3 ada restoran ekslusif, yang direncanakan juga buka 24 jam (gambar 8). Tapi waktu gua liat ke sana masih tutup.
Tempat parkir, yang gua liat sih lumayan luas.

Kalo mo tau berita peresmiannya dan berapa biaya yang dikeluarkan untuk pembuatan pasar ini, baca artikel Presiden Resmikan Pasar Ikan Higienis Pejompongan di Kompas ato di Tempointeraktif.com, artikel Presiden Canangkan Gemar Ikan