Monday, March 01, 2004

berapa umurmu?

kata2 suci hari ini: "myeot sarieyo?"

itu bhs korea. penting banget deh. kalo ketemu sama2 anak muda. itu seperti "berapa umurmu?" jangan coba2 ngomong itu ke bapak2/ibu2 yg jelas2 lebih tua. kalau mau tanya ke bapak2/ibu2, perlu sebut yang artinya kira2 "berapa umur anda?" tapi gue lupa bahasa koreanya hehehe..

kalo baru kenalan sama org yg kira2 seumuran, trus pasti tanya2an umur, apakah lebih tua atau lebih muda. kalo beda setahun saja, pasti cara ngomong jadi berubah. karena dalam bahasa korea tuh ada tingkatan: orang lebih tua, orang seumuran, orang lebih muda. kalau sama anak2 sih gampang aja langsung pakai bahasa untuk orang lebih muda. kalau sama bapak2/ibu2 bisa pakai yang untuk orang lebih tua.

ngomong2, mereka punya umur korea lho. contoh seperti gue yg lahir bulan mei 1979, umur gue 26 tahun! tua bener ya. kenapa?
1. mereka hitung umur dari sejak ibu mengandung. so.. gue mulai tumbuh di perut nyokap sekitar bulan agustus 1978. jadi, sejak agustus 2003, umur gue sudah 25 tahun.
2. sampai januari 2004, umur gue masih 25 tahun. tapi.. muncullah "tahun baru cina" (lunar new year) yg jadi patokan. sejak tahun baru, umur kita juga bertambah. jadilah sejak akhir januari imlek kemarin umur gue jadi 26 tahun.

begitulah.. jadi kalau lain kali gue ditanyain umur, gue jawab umur hitungan biasa aja, jadi kesannya masih muda hihihi..
tapi kalau ketemu orang nyolot, gue pakai umur korea. "mo ngapain lu, gue lebih tua!"