Tuesday, March 30, 2004

hobi makan daging?

si yeni dan teman-temannya nggak pernah makan di kantin kampus. misalkan makan pun, jaraaang sekali. dia lebih sering masak sendiri. gue heran kenapa. bukannya makanan korea sehat-sehat tuh? kalau gue tanya ke teman-temannya, mereka bilang "makanan korea pedas-pedas, kita pada gak tahan, apalagi kimchi." oo begitu toh. itu pikiran gue.

suatu hari habis main badminton sama mereka, gue tanya dia. kata dia "males ah, di situ kebanyakan sayur, dagingnya cuma sedikit." aseli gue lebih kaget sama jawaban dia. orang-orang asia tenggara nggak suka makanan korea memang banyak. karena pedas dan asamnya. tapi ini kok alasannya lain sendiri? padahal gue justru senang sama makanan korea, soalnya banyak sayurnya. jarang banget kantin kampus pasang lauk daging semua. misalnya daging semua pun, at least ada kimchi. rata-rata dari 4 jenis lauk pasti 1 itu kimchi, 1 daging, dan 1 sayur, dan 1 lagi.. campuran sayur-ikan atau sayur daging atau sayur-mie.

kemaren gue ketemu mereka lagi di tempat fastfood di kampus. gue lagi mau beli sandwich. dia lihat gue pegang-pegang sandwich tuna. terus dia bilang "eh ati-ati lho.. yg ini isinya bukan daging, yg isinya daging yg ini.." kata dia sambil nunjukin sandwich ham. hlaaa! ini orang maniak daging banget yeee. terus gue bilang "kalo gue justru malah harus beli yang ini dong.. soalnya yg itu kan isinya ham, gue gak makan babi." dan dia cuma manggut-manggut aja dengan tampang rada heran "ooo..".

terus gue (bareng chinmi) pesan ramyon keju (huahaha.. sama aja ya dgn indomie keju) dan makan di situ. mereka makan di situ juga. eh tau-tau si chinmi nyeletuk "tuh si yeni makan burger masak sayurnya dikeluarin semua dulu, baru dimakan." gue jadi tengok-tengok gitu ke meja di belakang gue. tambah lagi deh gue heran balik ke dia "wah wah wah.. bener-bener maniak daging.." (sambil yakin berpikir bahwa yang dia beli itu pasti burger babi, bukan burger udang giling).

padahal, kalau kita nggak makan sayur sama sekali, dari mana mau dapat serat? yah gue berharap orang-orang kayak si yeni itu masih mau makan buah berserat tinggi (misalnya apel) atau minuman berserat tinggi seperti minuman aloe (lidah buaya) yg cukup umum ada di korea. bahkan kadang-kadang gue pikir.. dengan rajin makan kimchi (sawi/kol) atau salad pun tidak banyak memberi asupan serat yg cukup. karena gue pernah nyobain quiz kesehatan untuk mengecek apakah serat kita sudah cukup atau belum. sepertinya belum cukup hu hu hu..

kalau ada yg mau quiznya, bisa klik di sini aja...

mungkin gue harus kembali ke jaman gue masih jadi sapi, sering banget beli lettuce (kol yg ada di dalem burger itu lho) dan tiap pulang sekolah dulu selalu kremus-kremus di depan kulkas kayak sapi.. yah, lagi-lagi masih jadi anak kost, nggak punya kulkas.. gimana yah caranya menyimpan sayur supaya tetap segar? di kamar mandi? di kisi-kisi jendela biar kena angin dingin dari luar?

ditunggu komentar teman-teman ;)