Friday, March 19, 2004

How To....."menilai Resto/Cafe & Their makanan & minuman"

jadi begini ceritanya, kita sering makan dan minum dimana aja, dan banyak yang bilang
"disini enak, disana tidak, dimana-mana perutku mulas..." kok kayak lagu ya... hehehe......
tapi ternyata definisi tiap orang beda2, begitu pula taste/selera orang. Ada seseorang
yang pernah bilang suatu makanan enak banget, dan setelah saya coba... what is this?
pre-historical soup??
Dan begitu pula sebaliknya, apa yang kita suka, belum tentu orang lain suka juga.
hmm mulai darimana ya?
mungkin dari resto/cafe -nya dulu:
Resto dan Cafe sulit dibedakan kalau anda tinggal di Indonesia, makanya saya
anggap Resto dan Cafe adalah suatu benda yang sama.
Saya cuma membagi 2 (sebenarnya 3, liat aja nanti), apa yang perlu dinilai dari resto/cafe
(apa yang ditonjolkan/"djual" dari resto/cafe tsb) yaitu:
-Suasana
-Makanan
-(dan yg ini harus: good Service)

so, jika anda masuk ke restoran, merasakan enaknya duduk di kursi, ada AC, musik yg mengalun
ruangan dihiasi lukisan indah, etc etc... intinya suasana yang enak..... mungkin ini tipe
resto/cafe yg menjual suasana....bukan makanan :D jadi coba cek makanannya....
dan begitu pula sebaliknya, kalau suasananya biasa saja, mungkin hanya standard, cek juga
makanannya, kalo biasa juga.....
wah gawat....
"Suasana" adalah suatu nilai tambah dari resto/cafe, bukan nilai utama yang dijual.
Orang rela nyupir jauh2, ngantri, bete, kepanasan, kadang2 diperlakukan agak2 not polite oleh waiter
jika makanannya enak (nanti dibahas apa itu enak). Well, itu kalo di dunia ideal.
tapi kalo di Indonesia.... Resto dengan suasana nyaman, tapi makanan gak enak...bisa laku)

so.... good service, what is it?
gak usah susah-susah:
-waiter mengucapkan salam (selamat siang/malam,etc etc)
-ketika ditanya mengenai sebuah masakan/minuman, waiter dapat menceritakan dengan baik
-waiter dapat memberi saran mengenai makanan yg akan dipesan (lebih baik jgn pesan juice
orange-nya, tidak asli. pesanan ini agak lama pembuatannya, mau diganti ayam goreng, atau tetap memesan ini? etc etc)
-kalau pelanggan tidak puas, waiter segera melayani (bukan membela diri), misalnya kurang well-done, supnya tidak hangat,
bisa langsung diberikan yang baru. kalau waiter tidak bisa menghandle, bisa panggil manager untuk mengatasi.
INGAT: pelanggan protes karena tidak puas, BUKAN MINTA MAKAN GRATIS!


and finally, makanan dan minuman....
oke, sangat sulit bagi sebuah makanan/minuman untuk mendapat gelar: enak, atau tidak enak.
kenapa?
ini masalah selera.
jadi, kita tidak boleh bilang makanan itu enak atau tidak.
yang boleh kita bilang adalah: makanan ini sesuai atau tidak sesuai dengan selera saya.
dan lebih parah lagi, kita gak bisa me-generalisir, contohnya:
anda makan pisang goreng di dekat rumah anda, dan anda bilang"wah pisang goreng ini tidak sesuai selera saya"
nah anda tidak boleh me-ngeneralisir bahwa semua pisang goreng tidak sesuai dengan selera anda. siapa tau
orang itu salah goreng :D jadi yang boleh anda bilang adalah: "pisang goreng di dekat rumah saya tidak sesuai
dengan selera saya."

so, kapan sebuah makanan/minuman mendapat gelar enak/tidak enak?
kalau ada banyak orang yang bilang kalau makanan itu sesuai/tidak sesuai dengan selera dia. :))

susah banget ya :D