Sunday, March 28, 2004

Rumah Makan Seulawah

rm seulawah
Pernah makan masakan Aceh? Sebelumnya sih gua pernah makan mie Aceh, rujak Aceh, dan nasi goreng Aceh. Di rumah makan ini juga ada makanan2 di atas, tapi waktu kami (me and my friend) dateng lagi gak ada. Jadinya kami mesen gule ikan hiu (8K), kare kambing (8K), nasi putih (2.5K), dan es timun (3.5K).
makanan  es timun

Ikan hiunya disajikan dalam potongan2 kecil, yang gua dapet sih 3 potong. Rasanya agak asem, kalo gua bilang sih mirip2 gulai asam (tau gak gulai asam?), tapi gulai asam yang gua kenal warna kuahnya merah dan rasanya tidak seasem ini. Tapi yang pasti sih enaak :D (mungkin karena gua laper sih :p).

Kari kambingnya juga enak, tapi gua sih lebih suka ama kuah gulai ikan hiunya. Kata temen gua, masakannya sudah disesuaikan untuk lidah orang Jakarta, soalnya kurang pedes. Kari kambing yang Aceh yang biasa dia makan jauh lebih pedes dan kuahnya lebih merah.

Sayurnya gratis, sambelnya juga. Sayurnya itu daun pepaya rebus, ada bunga pepaya nya juga. Pahit deh, tapi enak loh kalo dimakan bareng gule ikan hiu dan kari kambingnya. Es timunnya manis bahkan terlalu manis bagi gua, timunnya gak diblender, tapi di...kalo istilah gua, dikerok (gua gak ngerti disini bilangnya apaan). Tapi yang pasti enak diminum apalagi kalo udaranya panas, seger.

Setiap Jum'at, rumah makan ini menyediakan nasi biryani. Katanya nasi biryani itu mirip2 nasi uduk (kalo istilah gua sih nasi guri/nasi lemak). Trus ada roti jala juga, waah sudah lama gua gak makan :( well sekarang gua tau harus kemana kalo mo makan roti jala ;) Di menu juga tertulis ikan kayu, ikan tumis, kuah pli'u, asam ke'eung, dan timphan/pulud. Ada yang tau gak ini semua apaan? gua baru liat menunya nih :D jadi gak bisa nanya ke yang jual :p Wah ternyata ada urab juga (:p~).

Suasananya sih biasa aja. Seperti rumah makan padang pada umumnya, dan yang pasti tidak se-wah resto Sederhana atau Garuda, yang pasti banyak lambang PKS :p Letak rumah makan ini di jalan Bendungan Hilir Raya no 3 (telp. 9254921), depan RSAL Mintohardjo, Jakarta Pusat.
ruangan1  ruangan2